Minggu, 18 Mei 2014

Special Toku Review: Ressha Sentai Hassha Dorai! ToQger!!

Hai, sahabat toku-lovers. udah pada denger belom ada Super Sentai yang baru dirilis tahun ini? Yes! Ressha Sentai ToQger. Buat kalian yang belom tahu.. liat nih Special Toku-Review kali ini!
                           




Pengertian dan Pengenalan:
Ressha Sentai ToQger (烈車戦隊トッキュウジャー Ressha Sentai Tokkyūjā) (bahasa Indonesia: Skuadron Kereta Api ToQger) adalah serial tokusatsu tahun 2014 asal Jepang. ToQger adalah serial Super Sentai yang ke-38 dari serangkaian serial Super Sentai.

Serial ini yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Company, pertama kali mulai tanggal 16 Februari 2014, setelah Zyuden Sentai Kyoryuger selesai. Disiarkan di Super Hero Time bersama edisi serial waralaba Kamen Rider di periode Heisei Kamen Rider Gaim, sampai pemutaran perdana Kamen Rider XXX. Anggota ToQger juga menjadi pembawa film Zyuden Sentai Kyoryuger vs. Go-Busters: Pertempuran Besar Dinosaurus! Selamat Tinggal Teman Abadi sebagai pemain kameo.

ToQger beranggotakan 5 orang: 3 pria dan 2 wanita. Setiap anggota diasosiasikan dengan satu warna yaitu merah, biru, kuning, hijau, dan merah muda.


ToQger adalah transportasi rel fiksi untuk kereta ekspres. "Ressha" (烈車) adalah permainan Jepang pada kata-kata, mengganti kanji pertama dalam kata untuk "kereta api" (列車 ressha?) dengan identik diucapkan kanji "烈", yang berarti "ekstrim" atau "sengit" dan ditemukan dalam sebuah kata yang dapat diterjemahkan sebagai "pahlawan" (烈士 resshi)

Karakter:
ToQger (トッキュウジャー Tokkyūjā) adalah teman masa kecil yang tidak memiliki banyak kenangan dari masa lalu mereka dan dipilih karena kemampuan Imajinasi (イマジネーション Imajinēshon?) mereka.
Right (ライト Raito?) / ToQ #1 (トッキュウ1号 Tokkyū Ichi-gō): Right adalah seorang pemuda bersemangat yang selalu berpandangan optimis ke depan untuk mendapatkan keceriaan hidup. Dia adalah salah satu yang biasanya mengerahkan seluruh kemampuannya, tipe orang yang berapi-api dalam melawan hal yang buruk. Dari lima ToQger, imajinasi Right adalah yang tertinggi dan dia mengilhami orang lain untuk percaya pada apa yang dia percaya, hingga sering mengajak teman-temannya untuk mengikuti kepercayaannya, terlepas dari apakah mereka suka atau tidak. Dia sering bertindak sebelum berpikir dan membenci tempat sempit. Dia tampaknya menjadi satu-satunya ToQger yang membawa segala bentuk memori masa lalu mereka.
Umur: 18 tahun
Tokatti (トカッチ Tokatchi?) / ToQ #2 (トッキュウ2号 Tokkyū Ni-gō): Tokatti adalah anggota tertua dari lima ToQger pertama dan sangat hati-hati atau tepat waktu dalam tim. Ketika sesuatu terjadi, Tokatti adalah orang pertama yang ingin menyelidiki dan menelitinya, tetapi menjadi yang paling terakhir menanggapi mengenai hasil. Dia merupakan spesialis dalam menganalisis musuh dan membuat rencana, tapi dia sebenarnya sangat buruk pada tepat waktu.
Umur: 26 tahun
Mio (ミオ?) / ToQ #3 (トッキュウ3号 Tokkyū San-gō): Mio adalah seorang wanita sporty dengan karakter membingungkan. Meskipun dia terkesan tomboy, dia benar-benar handal dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Karena itu, dia cukup populer di kalangan lelaki, meskipun begitu, dia membenci hal romantis. Mio bertindak sebagai figur kakak dalam tim dan biasanya yang menjaga agar semua temannya sejalan, dan sama sekali tidak ada toleransi dalam menghadapi serangan yang licik.
Umur: 20 tahun
Hikari (ヒカリ?) / ToQ #4 (トッキュウ4号 Tokkyū Yon-gō): Hikari adalah tipe pria yang tidak tergesa-gesa, serta tidak ambil pusing dalam menghadapi suatu masalah. Dia sering terlihat memainkan mainan Kendama miliknya, dan dia hanya berimajinasi mengenai hal-hal yang beralasan. Meskipun mereka memiliki imajinasi yang berbeda, Hikari bertindak sebagai pemimpin bayangan tim. Selain Imajinasinya, kemampuan bertarung alami Hikari juga sangat kuat yang membuat dia bahkan bisa disejajarkan dengan Right. Ketika Right sering mengajak teman-temannya untuk mengikuti imajinasinya, Hikari selalu menjadi pengarah agar teman-temannya tetap pada jalur yang benar. Meskipun cukup patuh terhadap Mio, dia sering menggoda Kagura.
Umur: 17 tahun
Kagura (カグラ) / ToQ #5 (トッキュウ5号 Tokkyū Go-gō): Kagura adalah anggota termuda dari lima ToQger pertama dan gadis dengan Imajinasi tertinggi kedua setelah Right, tetapi sering terhambat karena mempunyai keraguan akan dirinya yang bisa dibilang cukup parah. Pada intinya, ia mampu berimajinasi mengenai hal yang tidak terduga dan biasanya berlangsung. Karena itu, tubuhnya tidak mampu menghadapi pertempuran berat, kecuali dengan menggunakan imajinasinya untuk memotivasinya menjadi tokoh yang tak terkalahkan. Namun, imajinasinya ini bagai pedang bermata dua apabila dirinya terlalu percaya diri, sehingga dia terancam bahaya dan rentan dalam menghadapi kekuatan lebih yang muncul.
Umur: 16 tahun
Ressha (烈車): Markas besar ToQger yang berbasis pada Rainbow Line. Meskipun biasanya dikomandoi oleh Konduktor, Ressha dapat digunakan oleh ToQger untuk melawan Orang Misterius Shadow yang telah memperbesar wujudnya. Setiap Ressha berbentuk gerbong kereta khusus: Red Ressha (レッドレッシャー Reddo Ressha) sebagai lokomotif uap, Blue Ressha (ブルーレッシャー Burū Resshā) dan Green Ressha (グリーンレッシャー Gurīn Resshā) sebagai kereta Shinkansen, dan Yellow Ressha (イエローレッシャー Ierō Resshā) dan Pink Ressha (ピンクレッシャー Pinku Resshā) sebagai kereta E65. Ressha dapat bergabung menjadi Kombinasi Ressha ToQ-Oh (烈車合体トッキュウオー Ressha Gattai Tokkyūō).
Sekutu[sunting | sunting sumber]
Konduktor (車掌 Shashō): Konduktor adalah penanggung jawab Rainbow Line. Seorang eksentrik yang penuh teka-teki dan memiliki pengetahuan tentang masa lalu ToQger, tetapi menolak untuk mengatakan apa-apa tentang hal itu lebih jauh.[17]
Tiket (チケット Chiketto): Tiket adalah rekan Konduktor berupa boneka tangan seperti monyet yang dikenakan oleh Konduktor, meskipun dia benci disebut demikian. Dia memiliki lidah tajam dan tampaknya lebih baik daripada Konduktor.[18]
Wagon (ワゴン): Wagon adalah asisten robot yang menjual minuman dan makanan untuk tim. Meski misterius, ia memiliki cara tersendiri untuk membuat semua orang tersenyum.[19]
Shadow Line[sunting | sunting sumber]

Shadow Line (シャドーライン Shadōrain) adalah penghuni gelap bertema steampunk yang ingin mengkonsumsi dunia dalam kegelapan. Untuk mencapai tujuan itu, mereka mengirim Shadow Ressha Kuliner (クライナー Kurainā) dari benteng mereka Castle Terminal (キャッスルターミナル Kyassuru Tāminaru) untuk mengumpulkan kegelapan dalam hati manusia dan tunduk mereka untuk mimpi buruk untuk membentengi kereta api Shadow Line. Semakin banyak kesedihan dan teror yang mereka memperoleh, semakin dekat pada penyelesaian kereta api akan sampai mereka mampu memberikan tuannya, yang dikenal sebagai Kaisar Kegelapan (闇の皇帝 Yami no Kōtei), masuk ke dunia.
Baron Nero (ネロ男爵 Nero Danshaku): Baron Nero adalah pemimpin Shadow Line. Nama Baron Nero berasal dari kata bahasa Italia untuk warna hitam: nero.
Madame Noa (ノア夫人 Noa Fujin): Madame Noa adalah wakil pemimpin Shadow Line, meskipun prioritas pertamanya adalah mengasuh Nyonya Glitta. Nama Madame Noa berasal dari kata bahasa Perancis untuk warna hitam: noir.
Jenderal Schwarz (シュバルツ将軍 Shubarutsu Shōgun): Jenderal Schwarz adalah pemimpin militer Shadow Line, terobsesi dengan menciptakan kekuatan Shadow Ressha. Nama Jenderal Schwarz berasal dari kata bahasa Jerman untuk warna hitam: schwarz.
Nyonya Glitta (グリッタ嬢 Guritta Jō): Nyonya Glitta adalah putri Noa yang sedang dibesarkan untuk menjadi pengantin kaisar Shadow Line setelah dia memasuki dunia. Nama Nyonya Glitta berasal dari kata bahasa Spanyol untuk warna hitam: negrita.[23]
Close (クローズ Kurōzu): Close adalah prajurit kaki bertema perampok kereta yang mendukung Orang Misterius Shadow, dipersenjatai dengan tommygun yang berubah menjadi senjata seperti kapak. Nama Close berasal dari kata bahasa Jepang untuk warna hitam: 黒 (kuro).
Orang Misterius Shadow

Orang Misterius Shadow (シャドー怪人 Shadō Kaijin) adalah monster Shadow Line, prajurit garis depan yang mendirikan Stasiun Gelap di kota untuk menyebarkan kegelapan di dalam hati manusia dengan peraturan pribadi mereka untuk memperpanjang kereta api Shadow Line.
Bag Shadow (バッグシャドー Baggu Shadō), nomor ditunjuk NoHa 829-1 (ノハ829-1?), adalah anggota Orang Misterius Shadow pertama yang muncul dalam serial ini. Pada Stasiun Gelap Gakisuteyama (餓鬼捨て山, "Gunung Nakal Ditinggalkan", berdasarkan Stasiun Obasute), dia menculik anak-anak dengan Imajinasi tinggi untuk membuat mereka menangis, dengan air mata mereka memperpanjang kereta api Kuliner . Dia tidak memperhitungkan untuk menculik Right, memperingatkan ToQger ke posisinya. Right, berubah menjadi ToQ #1, menghancurkan Bag Shadow sebelum Orang Misterius Shadow membesar dan dihancurkan oleh ToQ-Oh.
Sabre Shadow (サーベルシャドー Sāberu Shadō), nomor ditunjuk NeHa 818-2 (ネハ818-2), adalah anggota Orang Misterius Shadow yang dipersenjatai dengan pistol Pedang Tangan Penjaga (護拳系サーベル Goken-kei Sāberu) dan Magnum Berlaras Empat (4連系マグナム Yonren-kei Magunamu). Memiliki obsesi dengan duel dan intoleransi untuk pengecut, Sabre Shadow mengkonversi stasiun Nozomigahara (希ヶ原, "Lapangan Ingin", dimodelkan setelah Stasiun Inzai-Makinohara) menjadi Stasiun Gelap Kettougahara (決闘ヶ原 Kettōgahara, "Lapangan Berduel", berdasarkan Stasiun Sekigahara) di mana dia membuat hukum untuk setiap orang untuk berduel selama waktu tertentu dalam sehari. Namun, Sabre Shadow kehilangan ke ToQ #1 dalam duel dan membesar untuk dihancurkan oleh ToQ-Oh dalam duel lain.[26]
Chain Shadow (チェーンシャドー Chēn Shadō), nomor ditunjuk NoHa 1023-3 (ノハ1023-3?), adalah anggota Orang Misterius Shadow yang menculik orang dan menguras Imajinasi mereka pergi dengan takut mati. Chain Shadow dikirim oleh Madame Noa untuk mengkonversi stasiun Heiwadani (平和谷, "Lembah Damai", dimodelkan setelah Stasiun Kazusa-Tsurumai) menjadi Stasiun Gelap Shinotani (死の谷, "Lembah Kematian", berdasarkan Stasiun Inotani) dan dia menangkap Kagura sementara ia ditinggalkan oleh Ressha. Namun, semangat gigih Kagura membuat ia dari menyerah karena ia menghancurkan peti mati. Setelah pertama kali dihancurkan oleh variasi tang Rainbow Rush dari Renketsu Bazooka, Chain Shadow diperbesar untuk menjebak ToQ-Oh sampai ToQ #1 menggunakan Red Ressha untuk keluar, dengan Orang Misterius Shadow menyelesaikan dengan Fumikiriken Ressha Slash.
Stove Shadow (ストーブシャドー Sutōbu Shadō?), nomor ditunjuk GuHa 3102-4 (グハ3102-4), adalah anggota Orang Misterius Shadow yang dipersenjatai dengan Kerikil Batu Bara (石炭系ツブテ Sekitan-kei Tsubute) untuk mengecam dari perutnya untuk menimbulkan kekacauan melalui rasa sakit. Nyonya Glitta mengirimkan Stove Shadow dalam usahanya untuk mengesankan Jenderal Schwartz, memiliki dia beroperasi dari Stasiun Gelap Itaigawa (痛い川, "Sungguh Menyakitkan Sungai", berdasarkan Stasiun Itoigawa) untuk menimbulkan rasa sakit dan mencuri Imajinasi. Cara kekanak-kanakan menghalangi rencananya mulai membuahkan hasil, namun diberi keuntungan karena Tokatti kehilangan Rainbow Pass, memaksa ToQ #2 dan ToQ #3 terlambat untuk pertempuran. Dia akhirnya dihancurkan oleh variasi karet gelang Rainbow Rush, dan memperbesar menghadapi ToQ-Oh, dibantu oleh dua Kuliner Robo. Mereka mendapatkan tangan atas melawan ToQ-Oh sampai ToQger menggunakan Shield Ressha untuk melindungi Ressha dan diri mereka sendiri dari serangan Stove Shadow.[28]
Bucket Shadow (バケツシャドー Baketsu Shadō?), nomor ditunjuk NeShi 0091-5 (ネシ0091-5?), adalah anggota Orang Misterius Shadow yang dipersenjatai dengan Mulut Besar Tutup Atas (上ぶた系ビッグマウス Uebuta-kei Biggu Mausu), memungkinkan dia untuk mengkonsumsi semua makanan dan membuat orang-orang lebih lapar di Stasiun Gelap Harapeko (腹ペコ, "Lapar", berdasarkan Stasiun Hara), mengkonsumsi kesedihan mereka untuk menyalakan Kuliner. Setelah Right dipisahkan dari orang lain, dia belajar bagaimana rasa lapar menyebabkan masalah, dan setelah meminta maaf kepada sekelompok peserta perkemahan tentang makan makanan terakhir mereka, memasak ikan, memikat Bucket Shadow ke lokasi. Kerakusan sendiri Bucket Shadow adalah kejatuhannya di tangan ToQger, dan akhirnya dikalahkan oleh CarCarrier Dash dari ToQ-Oh CarCarrier, mengembalikan Stasiun Gelap ke kondisi semula sebagai stasiun Ōmori (大盛, "Ukuran Besar", dimodelkan setelah Stasiun Kami-Nagatoro).[29]
Hanko Shadow (ハンコシャドー Hanko Shadō), nomor ditunjuk NoHa 805-7 (ノハ805-7), adalah anggota Orang Misterius Shadow yang dipersenjatai dengan Sarung Tangan Cap (ハンコ系グローブ Hanko-kei Gurūbu) dan Batang Besi Mencap (焼きゴテ系ロッド Yakigote-kei Roddo). Di Stasiun Gelap Mukiryokuzaka (無気力坂, "Lereng tidak motivasi", berdasarkan Stasiun Kusaka), dia membuat semua orang kehilangan motivasi mereka.[30]
Bakudan Shadow (バクダンシャドー Bakudan Shadō), nomor ditunjuk NeHa 898-8 (ネハ898-8), adalah anggota Orang Misterius Shadow yang dikirim oleh Baron Nero untuk menyusup Ressha. Setelah dia tampaknya pertama kali dikalahkan oleh ToQger, dia menyusut ke bawah dan memasuki Ressha, menanam Bom Mini Klon (分身系ミニ爆弾 Bunshin-kei Mini Bakudan) pada Tokatti dan bermain dengan ToQger. Jika mereka dapat menangkapnya dan menekan tombol di kepalanya, Tokatti akan dibebaskan. Tapi sampai saat itu, Ressha harus mempercepat ke kilang minyak, mungkin menghancurkan seluruh kota. Setelah mengejar Bakudan Shadow seluruh Ressha, dan membantu Konduktor mempercepat kereta, Bakudan Shadow tertipu untuk berpikir Tokatti telah membebaskan dirinya sendiri setelah Hikari menggunakan Blue Ressha untuk berubah menjadi ToQ #4 biru. Namun, itu mengambil Diesel Ressha dihidupkan kembali untuk menghentikan Ressha dari menabrak, setelah kedua Ressha menghancurkan Bakudan Shadow diperbesar.[31]
Marionette Shadow (マリオネットシャドー Marionetto Shadō), nomor ditunjuk NeHa 992-9 (ネハ992-), adalah anggota Orang Misterius Shadow yang dikirim oleh Baron Nero untuk mengkonversi stasiun Kitagojo (北伍城 Kitagojō) menjadi Stasiun Gelap Daisitsuren (大失恋 Daishitsuren, "Patah Hati Besar", berdasarkan Stasiun Furen), di mana dia membuat pria bertindak seolah-olah mereka telah jatuh cinta pada pandangan pertama dengan berbagai wanita, hanya untuk menghancurkan hati mereka sesudahnya dan mengumpulkan kegelapan Shadow Line. Dia menjebak Mio di web, mengendalikan seorang pria untuk membuat ia jatuh cinta dengan Toru Chiba, hanya untuk usahanya di menunjukkan perasaannya untuk dihancurkan. Namun, ia mampu memecahkan Toru dari genggaman Marionette Shadow, dan menghancurkan dia dengan bantuan ToQger lain. Ketika dia membesar, ToQger menggunakan Diesel Ressha dan Ressha Dukungan lain untuk membentuk Diesel-Oh untuk menghancurkan Marionette Shadow.
Type Shadow (タイプシャドー Taipu Shadō), nomor ditunjuk NoHa 10622-10 (ノハ10622-10), adalah anggota Orang Misterius Shadow yang dipersenjatai dengan Tombol Mesin Tik (タイプライター系キー Taipuraitā-kei Kī) bahwa dia dapat digunakan untuk mengetikkan judul pada orang atau benda, memaksa mereka untuk menjalani judul. Madame Noa mengirimkan dia untuk mengumpulkan kegelapan dengan mengacaukan orang dengan kalimat. Ketika ToQger menghadapinya, dia pertama kali mengirimkan ToQ Ressha jauh, mengirimnya keluar dari orbit Bumi, dan ketika Tokatti akhirnya menangkap, Type Shadow menulis judul mengatakan Tokatti akan meninggal saat matahari terbenam. Belum siap untuk menyerah, karena dia telah dijanjikan seorang anak muda bahwa dia akan membantunya memulihkan Imajinasi, Tokatti terlatih dan dalam pertarungan berikutnya, berhasil menambahkan ke judulnya, menyelamatkan dia dari kematian, dan bersama-sama mereka menghancurkan Type Shadow. Ketika Type Shadow membesar, ToQger menggunakan Diesel-Oh untuk membawa ToQ Ressha kembali dengan mengetikkan judul lain pada Type Shadow sebelum mereka menghancurkannya.[33]
Lamp Shadow (ランプシャドー Ranpu Shadō?), nomor ditunjuk ZeRo 109-11 (ゼロ109-11?), adalah anggota Orang Misterius Shadow yang dipersenjatai dengan Sabit Besar Lampu Lengan (アームランプ系サイズ Āmu Ranpu-kei Saizu). Dia menggunakan kemampuan untuk menghipnotis orang dengan cahaya jahat dan mencuri Imajinasi mereka untuk mengkonversi stasiun Yumenohoshi-yūenchimae (夢の星遊園地前, "Di Depan Taman Hiburan Bintang Mimpi") menjadi Stasiun Gelap Yaminokage (闇の影, "Bayangan Gelap"; berdasarkan Stasiun Mikage). Dia melakukan ini untuk Tokatti, Mio, Hikari, dan Kagura, serta anak-anak dari kota, meninggalkan Right satu-satunya yang tersisa dengan kekuatan untuk menghadapinya. Dia juga memiliki sinar panas yang kuat untuk menyerang Lamp Shadow. Setelah Right berhasil untuk mengembalikan kenangan semua orang, mereka menggunakan semua Ressha untuk membentuk Chou ToQ-Oh untuk akhirnya menghancurkan Lamp Shadow.


Persenjataan:
ToQ Ressha (トッキュウレッシャー Tokkyū Resshā) : Miniatur dari Ressha masing-masing para ToQger. Digunakan bersama ToQ Changer untuk mentransformasi Right, Tokatti, Mio, Hikari, dan Kagura menjadi ToQger dengan memasukkan ToQ Ressha ke dalam ToQ Changer.
ToQ Changer (トッキュウチェンジャー Tokkyū Chenjā) : Alat transformasi ToQger, berbentuk seperti perlintasan kereta. Dengan memasukkan ToQ Ressha ke dalamnya, Right, Tokatti, Mio, Hikari, dan Kagura bertransformasi menjadi ToQger dengan meneriakkan ToQ Change (トッキューチェンジ Tokkyū Chenji). Dan bisa digunakan untuk Pindah Jalur atau Transfer Change (乗り換えチェンジ Norikae Chenji) untuk mengubah warna kostum dan senjata pribadi masing-masing ToQger.
ToQ Blaster (トッキュウブラスター Tokkyū Burasutā) : Senjata pertama yang dimiliki masing-masing ToQger, yang dapat diaktifkan dalam dua mode. Pertama adalah Blaster Mode (ウチマスモード Uchimasu Mōdo) untuk menembak, lalu Sword Mode (キリマスモード Kirimasu Mōdo) sebagai pedang.
Rail Slasher (レールスラッシャー Rēru Surasshā) : Senjata pribadi ToQ #1. Sebuah pedang panjang yang permukaannya seperti rel kereta.
Home Trigger (ホームトリガー Hōmu Torigā) : Senjata pribadi ToQ #2. Sebuah pistol laser berbentuk platform (posko) kereta mini.
Shingō Hammer (シンゴウハンマー Shingō Hanmā) : Senjata pribadi ToQ #3. Sebuah palu besar berbentuk lampu peringatan perlintasan kereta.
Tunnel Axe (トンネルアックス Ton'neru Akkusu) : Senjata pribadi ToQ #4. Sebuah kapak besar berbentuk jalur dengan atap terowongan yang terbuka, dan memiliki berat yang luar biasa.
Tekkyō Claw (テッキョウクロー Tekkyō Kurō) : Senjata pribadi ToQ #5. Sebuah cakar dengan dua mata pisau berbentuk terowongan mini.
Renketsu Bazooka (レンケツバズーカ Renketsu Bazūka) : Gabungan kelima senjata pribadi ToQger. Dengan memasukkan Energy Ressha (エナジーレッシャー Enajī Resshā) yang menyertakan kekuatan imajinasi penembak, maka akan menghasilkan serangan yang disebut Rainbow Rush (レインボーラッシュ Reinbō Rasshu).


Plus:Kenapa saya menambahkan nama Hassha Dorai! di post ini adalah karena artinya sedang berangkat sekarang.

Special Thanks to:ALLAH SWT dan Wikipedia.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar